Antara Hobi, Rezeki, dan Jati Diri di Indonesia

IndoBolaForumIndonesia bukan hanya memikat lewat pesona Pulau Dewata. Keragaman budaya dan keunikan lainnya membuat para wisatawan asing terpana. Tak terkecuali sepak bola. Para legiun asing datang dengan misi yang berbeda. Beberapa datang hanya sekedar mencari nafkah. Ada pula yang datang demi jatah menit bermain yang lebih lama. Namun, tak jarang para pemain asing ini menemukan jati diri dalam perjalanannya.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memikat pemain sepak bola di dunia. Salah satu daya tarik sepak bola Indonesia adalah animo masyarakat di tiap laga. Mulai dari laga amatir hingga profesional hampir selalu ada banyak penonton setia. Kecintaan para suporter terhadap klub tercinta juga membuat pemain asing bermain lebih bersemangat. Di luar laga, ternyata budaya dan lingkungan di Indonesia memiliki daya pikat yang luar biasa. Tak sedikit pemain asing yang jatuh cinta dan memilih belahan hati seorang warga Indonesia. Hebatnya lagi, beberapa pemain bisa berubah kepercayaan. Karena WNI mayoritas beragama Islam, banyak pula pemain asing yang berubah kepercayaan dan menjadi mualaf.

Lalu, siapa saja pemain asing yang mendapat hobi, rezeki, dan jati diri barunya di Indonesia…?

 

Christian Gonzales

source: CNN Indonesia

Christian “el loco” Gonzales merupakan penyerang asal Uruguay yang bermain di kompetisi sepak bola Indonesia sejak lama. Pemain ini memilih menjadi mualaf kala masih membela panji PSM Makassar. Kultur tanah Makassar yang cukup kental dengan budaya islam mengantarkannya menjadi seorang muslim. Sebenarnya Gonzales sudah menikahi Eva Siregar, wanita Indonesia sejak 1995. Namun, Gonzales baru benar-benar mengucap syahadat pada 9 Oktober 2003 di Surabaya.

Menurut Gonzales, salah satu penyebab ia mantap untuk menjadi mualaf adalah ketika melihat sang istri berwudhu. Gonzales mengucap syahadat di Surabaya dan sedikit mengubah Namanya menjadi Mustafa Habibi. Hingga kini berusia kepala empat, Gonzales masih rutin menjalankan tradisi tahlilan, menyantuni anak yatim dan membangun sebuah tempat ibadah di Mojokerto.

 

Abanda Herman

source: Umma.id

Jakarta dan Jayapura memang menjadi salah satu pelabuhan Abanda Herman. Kedua klub ini pula menjadi salah dua klub yang menjadi tempat singgah awal Abanda di awal karirnya di Indonesia. Namun, Abanda Herman resmi menjadi mualaf saat bermain di Persib Bandung pada tahun 2013. Persib Bandung yang saat itu dilatih Djajang Nurjaman memang memiliki mayoritas pemain beragama islam. Rutinitasnya bersama kawan-kawan lain yang beragama islam membuat Abanda melihat kedamaian. Abanda mengucap syahadat di Masjid Nurul Iman, Bandung pada 18 April 2013.

 

Marcio Souza

source: Tribun Jabar

Marcio Souza merupakan salah satu pemain asing hebat yang pernah berlaga di Liga Indonesia. Namun, siapa sangka dia pernah terjerat kasus pengaturan skor di negara asalnya Brazil. Indonesia menjadi pelabuhan Marcio yang juga berusaha melupakan sejarah kelamnya. Lagi-lagi jalan hidup tiada yang tahu. Marcio yang sedang menjadi pilar Semen Padang justru melafadzkan kalimat syahadat didepan saksi dan resmi menjadi mualaf per 28 Maret  2010. Marcio memiliki alasan yang sedikit mirip dengan Abanda Herman. Ia merasakan kedamaian ketika melihat rekan setimnya shalat baik di mes maupun saat bertandang ke markas lawan. Nama Marcio pun juga sedikit berubah menjadi Ahma Marcio. Selang tiga bulan kemudian, ia menikahi wanita bernama Rahmi.

 

Diego Michiels

source: Suara.com

Diego Michiels menjadi satu dari sekian pemain bola yang merumput di Belanda namun memiliki darah Indonesia. Alhasil, PSSI berminat untuk menaturalisasi pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini. Diego Michiels mengucap syahadat pada situasi dan kondisi yang terbilang cukup dramatis. Pemain yang memiliki banyak tato ini menjadi mualaf pada saat menjalani siding di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Sidang kasus pengeroyokan ini ternyata memiliki hikmah tersendiri bagi Diego. Pada 7 Februari 2013 ia juga resmi mengubah namanya menjadi Diego Muhammad bin Robbie Michiels.

 

Silvio Escobar

source: TopSkor

Persija memboyong penyerang Silvio Escobar dari Perseru Serui setelah pemain asal Paraguay ini tampil sebagai pilar penting Perseru selama musim 2017 dan 2018. Sebelumnya, Silvio sudah memperkuat Persepam Madura United sejak tahun 2014. Penyerang ini menjadi mualaf pada tahun 2016. Dia mendapat jati diri berupa kepercayaan dan juga seorang istri di Indonesia. Merry Marista menjadi perempuan yang cukup beruntung karena dipinang oleh Silvio. Hingga kini, Silvio masih terus belajar untuk menjadi seorang muslim yang rajin beribadah termasuk mengaji dan berpuasa.

Esteban Vizcarra

source: Minangkabau News

Siapa yang tak kenal dengan gelandang karismatik yang sudah malang melintang di beberapa klub top Indonesia ini. Esteban Vizcarra sudah menjadi mualaf sejak tahun 2012. Saat itu ia juga menikahi perempuan asli Indonesia bernama Resti Ayu Ferdina. Pemain yang kini menjadi pemain andalan Persib Bandung ini merupakan salah satu pemain asing yang bermain apik di Liga Indonesia. Pelita Jaya, Semen Padang, Arema Malang, Sriwijaya FC, hingga Persib Bandung pernah menjadi klub yang menikmati servis pemain berpaspor Argentina ini.

 

Artikel terkait :

Leave a Comment